logo
Stay up-to-date with the latest articles, events, gallery and promo from IFS Jakarta.
banner
Article  GalleryFaq
Plaza 5, Jl. Margaguna Raya, Pondok Indah, Jakarta. +62 21 2972 1467
title image

Menuju IFW 2023 “FLORESCENT”

Menuju IFW 2023 “FLORESCENT”

Menuju IFW 2023. Sekolah Italian Fashion School akan hadir dan menjadi salah satu sekolah yang meramaikan acara Fashion Show 2023 ini. Tema yang dibawakan adalah “FLORESCENT” yang mengangkat tema budaya, status sosial, sejarah dan kepercayaan.

“Final Project / Final Presentation” adalah kegiatan yang wajib dilakukan para disainer muda sebagai bentuk kesiapan dan kematangan mereka menghadapi dunia nyata. Sekolah Italian Fashion School sendiri sudah menjadikan syarat dan kewajiban ini sebagai bentuk tolak ukur bagi para disainer yang akan menyelesaikan sekolahnya di IFS Jakarta.

Tahun ini, ada hal menarik yang digelar oleh Sekolah Italian Fashion School. Sekolah mengadakan program Fashion Show Gratis bagi para murid IFS Jakarta.

PROGRAM FASHION SHOW DARI IFS JAKARTA

Short Course yang ada di Italian Fashion School di khususkan buat murid yang ingin mendalami Ilmu tertentu. Program pendek ini berbeda dengan Program 1 tahun yang mendalami semua bidang fashion. Program Short ini hadir untuk mereka yang sedang bekerja dan membutuhkan sekolah fashion dengan jadwal paling fleksibel.

Jadwal lebih fleksibel bukan berarti murid dibebaskan akan tanggung jawab mengerjakan tugas yang diberikan oleh sekolah. Murid wajib menciptakan karya saat Final Project / Final Presentation yang dilakukan diakhir masa belajar murid itu sendiri.

Designer akan dituntut untuk menciptakan karya dalam bentuk pakaian dan tetap tidak meninggalkan karakter dan identitas mereka. Ini menjadi salah satu bentuk kurasi bagi Sekolah untuk melihat apakah murid IFS ini mampu bersaing dilapangan setelah dinyatakan lulus nantinya.

APA ITU FASHION SHOW ?

SYARAT DAN KETENTUAN.

Dalam prosesnya murid akan dituntut menciptakan karya busana yang merepresentasikan indentitas mereka, mulai riset disain, menentukan warna, bahan kain yang akan digunakan dan mempresentasikan target pasar kedepan juri / mentor yang bersangkutan.

Penilaian bisa didapatkan setelah mereka mampu mempresentasikan baju yang dibawa. Dari sini, sekolah akan menyeleksi 3 disainer terbaik untuk mendapatkan kesempatan Program Fashion Show secara gratis.

Menuju IFW 2023, Indonesia Fashion Week

Gambar 1.1 (Student Final Project)

Ini adalah karya 3 finalis yang berhasil mendapatkan program Fashion Show dari Italian Fashion School. Semua memiliki karakter yang mencitrakan identitas dari Fashion Designer masing-masing.

Menuju IFW 2023. Tanggal 24 – Februari – 2023, Mereka akan tampil didalam salah satu acara Show terbesar di Indonesia yaitu IFW (Indonesia Fashion Week). Setiap Disainer membuat 3 Look / pakaian yang berbeda dengan mengusung tema “Florescent”.

Florescent adalah tema yang mengangkat budaya, status sosial, sejarah dan kepercayaan di tanah NTT. Ini sekaligus menjadi tantangan besar bagi para disainer yang lolos kurasi diatas. Bagaimana tidak, para disainer dituntut untuk mampu menciptakan karya diluar zona kemampuan mereka dengan mengusung kain NTT yang lebih tradisional.

TUJUAN PROGRAM

Program baru ini diadakan untuk menjadi salah satu peluang bagi murid – murid mendapatkan pengalaman baru dan sarana memperkenalkan brand mereka.

Italian Fashion School sendiri menargetkan acara seperti IFW(Indonesia Fashion Week), JFW (Jakarta Fashion Week), BFT (Bali Fashion Trend) sebagai sarana untuk murid – murid mempromosikan brand mereka ke publik.

HARAPAN

Italian Fashion School berencana untuk mengadakan program ini setiap tahunnya. Harapan adanya program ini, mampu memberikan kesempatan murid untuk merasakan euforia dari ajang bergengsi Fashion Show yang ada di Indonesia.

Disisi lain, program ini juga diharapkan bisa menjadi bentuk partisipasi dan turut andil meramaikan acara Fashion agar lebih dikenal oleh masyarakat. Dengan begitu, Kami merasa selain untuk ajang belajar bagi Disainer, ini juga mampu menyadarkan semua masyarakat bahwa dunia Fashion adalah peluang yang cukup menjanjikan untuk dipelajari.

RAMALAN FESYEN TREN 2023/2024

DEFINISI VISUAL MERCHANDISER ADALAH DAN TREN WARNA.

KESIMPULAN

Program Fashion show adalah program baru yang diadakan oleh IFS Jakarta dengan harapan mampu memberikan peluang dan pengalaman bagi murid Program Short Course. Ajang fashion show yang ditanggung oleh sekolah ini diharapkan mampu memupuk semangat dan antusias murid untuk bersungguh – sungguh mendalami dunia Fashion ini.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.